Press Release

WAJIB AJUKAN CUTI JIKA IKUT KAMPANYE

pexels-photo (9)

Anggota Bawaslu Papua, Anugrah Pata, SH

Jayapura, Bawaslu Papua - Komisioner Bawaslu Papua, Anugrah Pata, mengatakan bahwa Bawaslu Papua sudah mengambil langkah pencegahan dengan menyurati gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta anggota DPR di Papua, terkait dengan persoalan cuti kampanye.

“Khusus untuk gubernur dan wakil gubernur, sesuai aturan dalam PKPU, yang mana disebutkan bagi gubernur dan wakil gubernur yang kembali mencalonkan diri di daerah yang sama, wajib mangajukan cuti selama masa kampanye,” ungkap Komisioner Bawaslu Papua, Anugrah Pata,  Selasa (20/2) kemarin.

Berdasarkan prosedur penerbitan cuti kampanye untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, haruslah Menteri Dalam Negeri. “Namun tembusan yang bersangkutan ke Bawaslu sudah ada, meskipun masih menunggu tindak lanjut Mendagri,” tambah Anugrah.

Sementara untuk anggota DPR yang juga ikut terlibat dalam tim kampanye juga harus ajukan cuti, yang mana juga berdasarkan dalam aturan PKPU, cukup disetujui  oleh Ketua Fraksi atau Pimpinan DPR.

“Hal serupa bagi bupati dan wakil bupati yang terlibat dalam tim kampanye, yang mana surat kampanyenya dikeluarkan gubernur, atas nama Mendagri,” terangnya.

Kata Anugrah, sementara untuk kabupaten belum ada surat cuti kampanye yang masuk ke Bawaslu Papua. “Mungkin sudah masuk ke Panwas, sehingga nanti kita koordinasi, terlebih Kamis (22/2) kita akan adakan rapat koordinasi, yang mana akan kita minta surat cuti yang masuk ke mereka, termasuk tim kampanye,” pungkasnya. (YRB)

 


author : Yonas Randan Bua'    |   editor : 111 views
Share:

Leave a Reply