Press Release

TIGA ANGGOTA PANWAS DILANTIK, PANWAS 29 KABUPATEN/KOTA LENGKAP

pexels-photo (9)

Foto bersama Ketua dan anggota Bawaslu Provinsi Papua, Kepala Sekretariat serta Panwas kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Nabire. yang baru saja dilantik

Jayapura, Papua - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Papua melantik 3 (tiga) komisioner Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten yaitu kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Nabire, di Kantor Bawaslu Provinsi, Selasa (07/11).

 

Pelantikan tersebut tidak bersamaan dengan pelantikan sebelumnya karena 2 (dua) Komisioner Panwas Kabupaten Yahukimo terpilih Yaitu Miton Yahuli dan Selvianus P.K Yual dilaporkan oleh masyarakat bahwa kedua nama tersebut adalah pengurus Parpol sehingga Bawaslu Provinsi Papua mengambil Sikap dan menunda Pelantikan Kedua nama tersebut. Sedangkan di Kabupaten Nabire Salah satu anggota Panwas terpilih mengundurkan diri menjelang pelantikan sehingga digantikan oleh salah satu daftar tunggu yaitu Yulianus Nokuwo.

 

Terkait dengan dua nama Panwas terpilih kabupaten Yahukimo, Bawaslu Provinsi Papua menindaklanjuti Laporan masyarakat tersebut dengan melakukan klarifikasi serta mengumpulkan beberapa barang bukti, kemudian dari hasil klarifikasi dan barang bukti tersebut Bawaslu Provinsi Papua memutuskan bahwa atas nama Selvianus P.K  Yual terbukti sebagai pengurus salah satu Parpol sedangkan nama Miton Yahuli tidak terbukti.

 

Bawaslu Provinsi Papua melakukan rapat pleno dan menetapkan saudara Minton Yahuli dan Yutenus Osu (daftar tunggu) sebagai Panwas terpilih Kabupaten Yahukimo dan Yulianus Nokuwo (daftar tunggu) sebagai Panwas Kabupaten Nabire.

 

Ketua Bawaslu Papua, Fegie Y. Wattimena, dalam sambutannya mengatakan bahwa setelah melalui tahapan yang cukup panjang dan sangat melelahkan 3 anggota Panwas akhirnya resmi dilantik dan diambil sumpahnya sehingga Panwas di 29 Kabupaten/kota sudah lengkap.

Fegie Y. Wattimena juga meminta agar Panwas yang baru saja dilantik, harus berkerja professional, menjaga etika, moral dan Integritas, serta jangan mabuk-mabukan, kebiasaan-kebiasan yang buruk harus ditinggalkan, tegasnya. (YRB).

 

 


author : Yonas Randan Buak    |   editor : 892 views
Share:

Leave a Reply