Press Release

Siska Rumbiak : Panwas Biak Numfor akan tertibkan alat peraga kampanye

pexels-photo (9)

Panwas Biak Numfor dan jajaran panwas di tingkat distrik, bersama aparat kepolisian setempat. (Foto: Polda Papua)

Biak Numfor, Bawaslu Papua - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Biak Numfor, segera menertibkan alat peraga kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta pemilihan kepala daerah serentak 27 Juni 2018.

"Segera ditertibkan sebab berbagai alat peraga kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati boleh dipasang setelah kampanye damai dimulai KPU," kata Ketua Panwas Kabupaten Biak Numfor Siska Rumbiak, di Biak, Rabu (21/2/2018).

Ia mengakui lokasi dan ukuran alat peraga kampanye harus disesuaikan dengan peraturan KPU sehingga tidak dapat dipasang di sembarang lokasi yang tidak masuk dalam penetapan KPU.

Siska berharap tim kampanye dan parpol pengusung tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Biak Numfor yang akan bertarung dalam ajang pilkada serentak 2018 dapat memperhatikan aturan kampanye dalam mewujudkan pilkada damai aman, demokrasi berkeadilan dan bermartabat.

Disinggung laporan pelanggaran pilkada di Biak Numfor, menurut Siska, sejauh ini belum ada laporan yang disampaikan warga kepada lembaga Panwas.

"Semua tahapan pilkada serentak Biak Numfor berjalan sesuai jadwal KPU, ya Panwas sebagai lembaga pengawas terus berkerja menjadi `wasit` dalam pilkada 2018," ujarnya.

Berdasarkan urutan peserta pilkada Biak Numfor sesuai putusan KPU Biak tahun 2018 yakni nomor urut satu pasangan calon Andreas Msen-Yustinus Noriwari (senior) yang maju lewat jalur perseorangan. 

Nomor urut dua pasangan calon petahana Herry Ario Naap-Nehemia Wospakrik (Han-New), dan pasangan calon nomor urut tiga yakni Nicodemus Ronsumbre-Akmal Bachri (Normal).

Kini, berbagai baliho spanduk dan stiker tiga pasangan calon bupati Biak Numfor sudah mulai terpasang di mobil dan posko pemenangan pasangan calon, yang tentunya akan di tertibkan nantinya  karena pemasangannya tidak sesuai dengan yang ditentukan oleh KPU, tegas Siska. (YRB)

 


author : Yonas Randan Bua'    |   editor : 481 views
Share:

Leave a Reply