Pengawasan

SELEKSI PANWAS, PELAKSANAAN UJIAN TERTULIS SERENTAK DI 10 WILAYAH.

pexels-photo (9)

Calon Anggota Panwas di Kabupaten Lanny Jaya Pada saat mengikuti Ujian tertulis

Papua, Bawaslu Papua – Tim Seleksi Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Bupati/WaliKota Provinsi Papua telah melaksanakan tahapan tes tertulis secara serentak di 10 daerah, pada Jumat (20/5).

Bawaslu Papua mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu RI yang telah membuat dan mengantar soal ujian tertulis,karena aturannya memang Bawaslu RI yang membuat dan mengantar soal ujian tertulis, Bawaslu Provinsi papua hanya mendampingi Bawaslu RI mengantar soal Ujian ke daerah yang melaksanakan ujian tertulis. Dari 10 daerah terdapat beberapa daerah yang sulit soal transportasi misalnya Kabupaten Mappi, Kabupaten Intan Jaya dan Kabupaten Nduga namun kita bersyukur pada tanggal yang sama (20/5) ujian tertulis dapat dilaksanakan secara serentak, ungkap Ketua Bawaslu Papua Pdt. Robert Horik.

Ketua Bawaslu Provinsi Papua Robert Horik mengatakan bahwa terdapat 274 orang yang lulus seleksi administrasi namun yang hadir pada saat ujian tertulis hanya 259 orang artinya ada 15 orang yang tidak mengikuti ujian tertulis yang masing-masing terdapat di Kota/Kabupaten Jayapura 5 orang, Kabupaten Kep. Yapen 2 orang, kabupaten Mappi 2 orang, kabupaten Nduga 1 orang, kabupaten Lanny Jaya 2 orang, Kabupaten Tolikara 2 orang dan Kabupaten puncak Jaya 2 orang.

Hasil Ujian Tertulis

Dari pelaksanaan tes tertulis di 10 wilayah tersebut, terjaring beberapa nama peserta tes yang berhak mengikuti teswawancara. Dari jumlah 259 orang peserta yang mengikuti tes tertulis terdapat 136 yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya yaitu wawancara. Nama – nama diambil sesuai ranking nilai teratas di masing-masing Daerah, yakni kota/kabupaten Jayapura 44 orang, Kabupaten Sarmi 9 orang, Kabupaten Kepulauan Yapen 12 orang, Kabupaten Dogiyai 14 orang, Kabupaten Mappi 9 Orang, Kabupaten Nduga 9 orang, Kabupaten Lanny Jaya 9 Orang, Kabupaten Tolikara 12 orang, Kabupaten Puncak Jaya 12 orang dan Kabupaten Intan Jaya 9 Orang.

Bawaslu Provinsi Papua terus mengikuti perkembangan Timsel di 10 daerah, hingga sampai hari ini tanggal (25/5) dari 10 timsel terdapat beberapa kabupaten yang telah melaksanakan Tes wawancara misalnya Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kabupaten Mappi dilaksanakan kemarin (24/4) dan hari ini (25/5) di Kota/Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Lanny Jaya, kemudian akan diikuti kabupaten Lainnya.

Bawaslu Provinsi Papua berharap sampai akhir bulan ini Timsel sudah mengirim 6 (enam) nama ke Bawaslu Provinsi sehingga bisa bisa ditetapkan, Bawaslu Papua akan melaksanakan pleno untuk menetapkan tempat Pit and proper test, mungkin semuanya tidak dijayapura tetapi dibagi klaster misalnya diwamena dan nabire demi efisiensi  biaya, kita berharap minggu kedua atau ketiga bulan depan sudah bisa dilakukan pelantikan. Ungkap ketua bawaslu provinsi papua. (YRB)

 


author : Yonas Randan Buak    |   editor : 3914 views
Share:

Leave a Reply