Press Release

Penetapan Cagub-Cawagub Papua Ditunda

pexels-photo (9)

Situasi Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Tahun 2018, Senin (12/2/2018).

Jayapura, Bawaslu Papua - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menunda pelaksanaan rapat pleno penetapan pasangan calon (paslon) pemilihan gubernur (pilgub), karena belum mendapat hasil pertimbangan syarat calon sebagai orang asli Papua dari Majelis Rakyat Papua (MRP).

Rapat pleno yang dijadwalkan Senin pukul 11.00 WIT, hanya diawali pembukaan dan penyampaian hasil verifikasi syarat pencalonan dan syarat calon tanpa pembahasan agenda utama yakni penetapan bakal pasangan calon menjadi paslon peserta Pilkada 2018 di Provinsi Papua.

Rapat Pleno kemudian di skors selama 20 menit oleh Ketua KPU Provinsi untuk minta waktu berdiskusi dengan Bawaslu Provinsi Papua, Setelah Berdiskusi bersama Bawaslu Provinsi Papua dan mendapat arahan dari Pimpinan KPU RI, KPU Provinsi Papua kembali membuka skors dan menyampaikan hasil diskusi tersebut bahwa KPU Papua memberikan kesempatan kepada MRP untuk menyampaikan hasil pertimbangannya hingga pukul 23.00 WIT, dengan harapan dalam beberapa jam ke depan MRP dapat memberikan hasil pertimbangan tersebut.

Penundaan itu disampaikan oleh Ketua KPU Papua Adam Arisoy didampingi empat komisioner yakni Tarwinto, Musa Sombuk, Izak R Hikoyabi dan Beatrix Wanane, dalam rapat pleno penetapan pasangan calon di Sekretariat KPU, Jalan Soa Siu, Kota Jayapura.

"Rapat ini di skors atau ditunda hingga pukul 23.00 WIT malam ini," kata Ketua KPU Papua .

Sementara itu, Ketua Bawaslu Papua Fegie Wattimena mengatakan seharusnya MRP sudah menyerahkan hasil verifikasi tentang keaslian orang Papua. Sehingga, jadwal pelaksanaan tahapan Pilkada tak terganggu.

"Apabila hingga pukul 23.00 belum ada penyampaian hasil dari MRP maka KPU Papua bersama Bawaslu Papua akan mengambil sikap sesuai peraturan yang berlaku,"

Pantauan di lapangan kedua pasangan calon gubernur/wakil gubernur Lukas Enembe-Klemen Tinal dan John Wempi Wetipo hadir dalam rapat pleno KPU itu, didampingi oleh petinggi partai pengusung dan tim sukses.

Tampak juga polisi dari Polres Jayapura Kota dibantu Polda dan Brimob Papua serta TNI setempat menjaga jalannya rapat pleno.

Jalan raya Soa Siu dari dan ke pusat Kota Jayapura diblokade oleh kepolisian setempat guna mendukung kelancaran pelaksanaan rapat pleno tersebut. (YRB).

 

Foto : Brongky Lawalata


author : Yonas Randan Buak    |   editor : 92 views
Share:

Leave a Reply