Press Release

Pendaftaran Panwas Kecamatan dibuka, Animo Masyarakat Meningkat

pexels-photo (9)

Para pendaftar antri pada saat pengembalian formulir di ruang sekretariat Panwas Kota Jayapura

Jayapura – Panwas Kota Jayapura, dalam rangka mensukseskan Pilkada Kota Jayapura 2017, Panwas Kota Jayapura membuka pendaftaran sebagai calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwas distrik) pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Jayapura  2017.

Ketua Panwas kota Jayapura Soleman Maniani yang ditemui diruang kerjanya mengatakan bahwa Pendaftaran Panwas Kecamatan  dimulai pada tanggal 18 hingga 23 agustus 2016, pengambilan formulir dimulai pada pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIT.  hingga hari ini selasa (23/8) Panwas kota jayapura tidak mengalami kendala yang berarti selama pendaftaran panwas kecamatan, hanya saja pada pendaftaran kali ini berbeda dengan pendaftaran panwas kecamatan sebelumnya.  jumlah pendaftar sekarang ini  mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibanding dengan pemilu sebelumnya, sehingga pengembalian formulir kami agak susah mengaturnya  dikarenakan keterbatasan personil dari panitia penerimaan calon anggota panwas kecamatan, tambahnya.

Pada kesempatan yang sama ketua pokja seleksi Panwas Kecamatan Yakobus Murafer mengatakan bahwa  pada proses perekrutan panwas kecamatan, kami melakukan seleksi secara terbuka, artinya pengumuman pendaftaran telah kami sampaikan lewat media cetak maupun elektronik bahkan di sosial media pun kami sampaikan, dalam hal penerimaan panwas kecamatan  kami berprinsip pada asas penyelenggara pemilu yaitu Mandiri, Jujur, Adil, Kepastian hukum, Tertib, Kepentingan umum,  Keterbukaan, Proporsionalitas, Profesionalitas, Akuntabilitas, Efisiensi dan Efektivitas artinya kami bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan tidak ada intervensi dari pihak manapun, ini merupakan amanat undang-undang, pembentukan panwas kecamatan merupakan kewenangan dari Panwas Kota, dalam perekrutan ini ada tahapannya mulai dari pendaftaran, ujian tertulis dan fit and proper test, namun saat ini kami belum bisa menentukan kapan pelaksanaan ujian tertulis dilaksanakan karena masih dalam tahapan verifikasi berkas administrasi. Hingga saat ini jumlah berkas yang diterima berjumlah 149 berkas, ucap yakobus.

Panwas kota Akan bekerja cepat dalam melaksanakan proses perekrutan Panwas Kecamatan mengingat tahapan sementara berjalan dan banyak tahapan yang akan segera diawasi oleh panwas kecamatan  misalnya tahapan pemuktahiran data pemilih, dan kami akan mendorong Panwas kecamatan yang terpilih nanti agar segera membentuk PPL (panitia pengawas lapangan),   tuturnya. (YRB).

 

,  


author : Yonas Randan Buak    |   editor : 1511 views
Share:

Leave a Reply