Press Release

PANWASLU KABUPATEN MIMIKA : HUKUM ADALAH PANGLIMA

pexels-photo (9)

Suasana Kegiatan Rakor Pengawasn Pemilu Partisipatif

Mimika, Bawaslu Papua – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mimika menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Pemilu Partisipasif Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika dan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bagi pemilih pemulah, di Grand tembaga Hotel, Jumat (15/12/2017).

Ketua Panwaslu Mimika, Johanes Wato mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai langkah untuk mengedukasi atau memberikan pemahaman dan pengertian, terhadap tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Panwaslu. Serta masyarakat bisa mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada. Karenanya, pihaknya sengaja mengundang berbagai pihak, mulai perwakilan parpol, aparat keamanan, pemerintah daerah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

“Kalau semua masyarakat sudah mengetahui tupoksi Panwaslu dan tahapan yang ada, maka akan aktif dalam mengambil peran pada pelaksanaan Pilkada serentak nanti,” Ungkapnya

Dalam rakor tersebut banyak masukan yang disampaikan, salah satunya berharap Panwaslu terus aktif menginformasikan kepada masyarakat, agar lebih mengetahui dan paham terhadap pelaksanaan Pilkada nanti. Sehingga masyarakat bisa berperan aktif dalam pelaksanaan pilkada yang jujur, adil dan bersih. Tetapi lebih penting adalah pelaksanaan pilkada berjalan dengan aman dan damai.

Dan perlu diketahui, kata dia, pelaksanaan Pilkada 2018 nanti, bukan akhir dari semua hal. Tetapi Pilkada naanti merupakan wadah untuk memilih pemimpin. Karenanya kalau Pilkada damai dan mendapatkan pemimpin, maka pembangunan di daerah ini bisa terlaksana.

“Kami berkomitmen untuk membangun Pilkada damai. Salah satu yang dilakukan adalah dengan terus mensosialisasikan peraturan yang ada, dan membangun hubungan yang baik dengan berbagai pihak, Serta akan membentuk Sentra Gakkumdu,”tuturnya.

Ia menambahkan, dari semua strategi yang akan dilakukan, satu hal yang lebih penting adalah Panwaslu akan berjalan sesuai aturan yang ada. 

“Kalau hukum kita jadikan panglima, maka semua akan terlaksana dengan baik dan aman. Tapi kalau sebaliknya, maka jangan harap rasa aman dan damai itu terwujud. Oleh itu, mari sama-sama patuhi aturan yang ada dalam melaksanaan Pilkada serentak di Mimika nanti,”ungkap Wato.

Ketua Panwaslu Mimika, Johanes Wato  menambahkan bahwa hari ini juga sedang digelar kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu Partisipatisif bagi pemilih pemula di hotel ini, dengan menghadirkan adik-adik pelajar SMA/SMK yang telah berumur 17 tahun.

Peran Pemilih Pemula dalam Pengawasan Pemilu  Partisipatif

Ditempat terpisah Anggota Panwas Mimika, Imelda Rosita Ohee, mengatakan bahwa tujuan melaksanakan kegiatan sosialisasi Pengawasan Pemilu  Partisipatif adalah untuk mengajak peran aktif masyarakat khususnya pemilih pemula dalam mengawasi pelaksanaan pemilihan Bupatu, Pemilihan Gubernur tahun 2018 maupun pemilu 2019 mendatang.

“Mengingat personil dari Pengawas Pemilu di Kabupaten Mimika sangat terbatas  sehingga akan kesulitan dalam mengawasi dua hajatan sekaligus yaitu Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018, sehingga dengan keterlibatan dan peran aktif masyarakat untuk ikut mengawasi Pemilu akan sangat membantu mewujudkan Pemilu yang adil dan jujur di Kabupaten Mimika”, ungkapnya.

Selain daripada itu, dengan adanya pengawasan pemilu partisipatif akan  mencegah atau meminimalisir terjadinya pelanggaran Pemilu, karena Pengawas Partisipatif ini akan menjadi mata-mata Panwas, apabila ada pelanggaran yang ditemukan oleh pengawas partisipatif maka akan segera dilaporkan kepada Panwas sehingga ditindak lanjuti sesuai dengan peraturan yang berlaku.  Selain daripada itu, maka akan mempersempit ruang gerak bagi oknum-oknum yang akan melakukan pelanggaran, tambahnya.

Dalam kegiatan sosialisasi itu juga disampaikan materi mengenai berbagai bentuk pengawasan yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu. (YRB)

 


author : Yonas Randan Buak    |   editor : 371 views
Share:

Leave a Reply