Pengawasan

Panwas Mamberamo Raya gelar Sosialisasi pengawasan partisipatif.

pexels-photo (9)

Suasana kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Mamberamo Raya, Bawaslu Papua – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Mamberamo Raya menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif bagi pemilih Pemula di SMAN 1 Kasonaweja, Sabtu, (16/12/2017).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 Peserta  dari SMA N 1 Kasonaweja dan Pemuda-pemudi lintas agama  yang berasal dari  denominasi  Gereja dan Pemuda Masjid. Adapun tema yang diangkat oleh Panwaslu Kabupaten Mamberamo Raya adalah Peran Pemilih Pemula dalam Pengawasan Partisipatif Pemilihan Umum Tahun 2018.

Ketua Panwaslu Kabupaten Maberamo Raya Cornelia H. Mamoribo, dalam paparannya mengatakan tujuan kegiatan itu adalah untuk mengajak peran aktif masyarakat khususnya pemilih pemula dalam mengawasi pelaksanaan pemilihan Gubernur tahun 2018 maupun pemilu 2019 mendatang.

“Mengingat personil dari Panwaslu Kabupaten Mamberamo Raya sangat terbatas  sehingga tidak mampu melakukan pengawasan tersebut. Karenanya keterlibatan dan peran aktif masyarakat untuk ikut mengawasi Pemilu akan sangat membantu terwujudnya Pemilu yang jujur dan adil,” ungkapnya.

Selain daripada itu, pengawasan partisipatif juga merupakan upaya pencegahan terjadinya pelanggaran Pemilu, dengan partisipasi masayarakat maka akan mempersempit ruang gerak bagi oknum-oknum yang akan melakukan pelanggaran.

Dalam kegiatan sosialisasi itu juga disampaikan materi mengenai berbagai bentuk pengawasan yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu. (YRB)


author : Yonas Randan Buak    |   editor : 250 views
Share:

Leave a Reply