Press Release

Kasek Panwaslih se-Papua Resmi Dilantik

pexels-photo (9)

Suasana Pelantikan Kepala Sekretariat Panwaslih Se-Provinsi Papua.

Jayapura, Papua -  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Papua , Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi papua Jumrah  melantik Kepala Sekretariat (Kasek) Panwas kabupaten/kota se-Provinsi Papua di  Hotel Sahid Papua , Selasa (31/11).

Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Papua,  Jumrah menyampaikan bahwa  pada pelantikan ini, kami hanya melantik 24 (dua Puluh empat)  orang  Kasek Panwas Kabupaten/kota dan masih tersisa 5 (lima) kabupaten yang belum dilantik namun dalam beberapa waktu kedepan akan dilantik juga.  Jumrah juga berharap kepada para  Kasek, Bendahara dan staf untuk melaksanakan amanah dengan sebaik mungkin dan berhati-hati dalam menggunakan uang sesuai dengan pos-pos yang telah dialokasikan.

"Selain itu, setelah dilantik wajib untuk mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) dengan sungguh-sungguh agar mengerti posisinya sebagai fasilitator pelaksanaan pengawasan," ungkap  Jumrah .

Sementara itu, Jumrah juga menyampaikan bahwa masih terdapat 3 (tiga) Kabupaten yang belum penandatanganan NPHD yaitu  kabupaten Jayawijaya, kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Puncak, serta terdapat 16 kabupaten yang belum mendapat fasilitas dari Pemerintah Daerah setempat  sebagaimana kesepakatan pada pertemuan Bupati/walikota/sekda  dan Sekda Provinsi Papua pada tanggal 29 Agustus 2017 silam. Jumrah berharap agar dalam waktu dekat ini Pemerintah daerah segera menfasilitasi Panwas Kabupaten/kota serta  proses penandatangan NPHDnya bisa dipercepat sehingga Panwas Kabupaten/kota dapat melaksanakan tugasnya dalam mengawasi tahapan yang sekarang ini sudah berjalan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Papua yang diwakilih oleh Yacob Paisei  menilai dengan terbentuknya Sekretariat Panwas Kabupaten/Kota se Papua, konsolidasi kelembagaan akan maju selangkah dalam rangka pelaksanaan pengawasan tahapan Pilkada dan Pemilu.

"Sekretariat sebagai supporting system pengawasan selain harus menguasai tupoksinya, juga harus paham eksistensi Bawaslu sebagai lembaga negara penegak demokrasi dan hukum," ujar Yacob.

Setelah pelantikan, para Kepala Sekretariat (Kasek) Panwas kabupaten/kota se-Papua akan mengikuti Bimbingan Teknik (Bintek) pada 31 Oktober hingga 2 November 2017 mendatang. (YRB)


author : Yonas Randan Buak    |   editor : 371 views
Share:

Leave a Reply