Press Release

Jelang Pemilu, Bawaslu Luncurkan Logo Baru

pexels-photo (9)

(Kiri ke kanan) Anggota Bawaslu Mochamad Afiffudin, Ketua Bawaslu Abhan, dan Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro di Jakarta, Selasa (8/8/2017).(KOMPAS.com/ESTU SURYOWATI)

JAKARTA, Kompas.com - Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) akan memiliki logo baru yang akan dirilis pada Rabu (20/9/2017), bersamaan dengan peluncuran kampanye #BawasluMengawasi.

Peluncuran tersebut menandakan dimulainya proses pengawasan tahapan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019.

Anggota Bawaslu Mochamad Afiffudin mengatakan, logo baru Bawaslu didapat dari hasil penyelenggaraan lomba desain logo yang digelar Bawaslu sejak Agustus 2017.

Dalam waktu tiga pekan, ada lebih dari 900 desain logo yang diterima panitia, yang dikirim oleh setidaknya 250 peserta.

"Ternyata animo masyarakat untuk ikut lomba logo ini sangat besar. Artinya, Bawaslu sudah menjadi milik masyarakat," kata Afiffudin di Kantor Bawaslu, Jakarta, Senin (18/9/2017).

Dia menjelaskan, logo baru ini lebih menggambarkan visi dan misi Bawaslu yang mewadahi partisipasi aktif rakyat dalam mengawasi pemilu sekaligus sebagai lembaga penegak keadilan Pemilu.

"Logo baru menjadi semangat penyeragan bagi kami sekaligus gambaran atas visi dan misi kami yang terangkum dalam slogan baru kami," kata dia.

Sebagai informasi, Juni lalu Bawaslu telah meluncurkan slogan baru yaitu "Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu".

Menurut Afiffudin, semangat di slogan baru tersebut tidak tertuang dalam logo Bawaslu yang ada saat ini. Oleh karena itu, pihaknya menginisiasi penggunaan logo baru Bawaslu.

Ketua Bawaslu Abhan menambahkan, acara peluncuran logo baru juga akan berbarengan dengan pelantikan anggota Bawaslu di 24 provinsi.

Mereka yang hadir dalam peluncuran logo baru Bawaslu dan pelantikan akan mengenakan pakaian adat daerah masing-masing bersama dengan tamu Gubernur dari 34 provinsi.


author : ESTU SURYOWATI    |   editor : 320 views
Share:

Leave a Reply