Pengawasan

FEGIE Y. WATTIMENA : BAWASLU PAPUA MENGEDEPANKAN LANGKAH PENCEGAHAN

pexels-photo (9)

Ketua Bawaslu Papua, Fegie Y. Wattimena saat memberikan materi di Hotel Grand Abe, rabu (1/1/2018)

Jayapura, Bawaslu Papua -  Ketua Bawaslu Provinsi Papua, Fegie Y. Wattimena mengatakan bahwa Bawaslu akan mengedepankan langkah pencegahan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Bawaslu akan utamakan langkah pencegahan dengan menyosialisasikan aturan main pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu kepada pasangan calon, Parpol, dan Masyarakat.

Langkah pencegahan Bawaslu, jelas Fegie, yaitu memberikan dan mensosialisasikan aturan main yang benar pada pelaksanaan Pilkada dan Pemilu, baik kepada Parpol, pasangan calon, maupun kepada masyarakat luas.

Fegie menekankan, memberikan pemahaman kepada Parpol, pasangan calon, stakeholders dan masyarakat, bukan berarti kita menggurui, akan tetapi, konteks tersebut bisa dikategorikan berbagi pengetahuan tentang bagaimana kita harus menjalankan sebuah pertarungan dalam Pilkada dengan baik dan benar, tidak menghalalkan segala cara.

"Intinya, Bawaslu akan utamakan langkah pencegahan. Jika langkah pencegahan sudah dilakukan tapi pelanggaran tetap muncul, maka Bawaslu akan lakukan langkah penindakan," tegas Fegie saat menjadi pembicara pada kegiatan yang di gelar oleh KPU Provinsi Papua tentang mekanisme dan tata cara kampanye, di hotel Grand abe, rabu (31/1/2018).

Fegie juga berharap, pasangan calon yang akan bertarung pada Pilkada nanti dapat menaati semua aturan yang telah ditentukan. "Jangan sampailah menghalalkan segala cara. Ayo bersaing secara sehat dan terima hasil dengan legowo," tegasnya.

Dalam kesempatan itu juga Fegie memaparkan Potensi Rawan yang biasa terjadi  pada Tahapan kampanye baik pada tahapan persiapan maupun tahapan pelaksanaan.

Fegie juga menyampaikan akan pentingnya partisipasi semua pihak dalam mengawal pelaksanaan Pilkada dan Pemilu nanti.

"Masyarakat, stakeholders, pemerintah, TNI dan Polri harus bersinergi dan bergandengan tangan dengan penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu)," pungkas dia. (YRB)

 


author : Yonas Randan Buak    |   editor : 284 views
Share:

Leave a Reply