Press Release

Fegie Wattimena : Bawaslu Papua Siap Mengawasi PSU

pexels-photo (9)

Bergandengan Tangan demi kedamaian Pilkada Di Papua

Jayapura, Bawaslu Papua – Polda Papua melaksanakan Diskusi Publik dengan topik Pemilukada Damai di Tanah Papua yang disiarkan secara langsung oleh RRI Jayapura dengan narasumber Kapolda Papua, Ketua KPU Provinsi Papua, Ketua Bawaslu Provinsi Papua dan Ketua FKUB Provinsi Papua dengan moderator Direktur Papua Lawyer Club DR. Anthon Raharusun bertempat di Hotel Syahid Jayapura, Rabu (03/05/2017) siang.

Dalam sambutannya Kapolda Papua Irjen Pol Drs Boy Rafli Amar, MH menyampaiakan, pertemuan pada hari ini diharapkan menjadi bagian untuk lakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan Pemilukada tahun 2017 di 11 kabupaten/kota di Provinsi Papua.

“Mari kita diskusikan berbagai isu yang patut kita jadikan bahan diskusi dengan maksud ada benang merah yang bisa kita petik mengapa ada PSU. Diharapakan hasil pembicaraan dalam diskusi ini bisa disebarluaskan bagi masyarakat kita, terutama yang di pegunungan harus kita cerahkan,” kata Kapolda membuka Diskusi Publik tersebut.

Kemudian dalam paparannya, Kapolda Papua menyampaikan secara umum hal-hal yang sudah melewati aturan hukum harus diapresiasi, apapun kekecewaan yang dialami dapat di tempuh lewat proses hukum. Hal ini memang tidak mudah, terutama masyarakat yang belum terbiasa menghadapi demokrasi yang didalamnya ada kalah dan menang.

“Kami harapkan komitmen Pakta Integritas bisa dikerjasamakan dengan ketua KPU. Dari pihak keamanan akan melakukan pengamanan secara netral dan kami mohon jangan ada prasangka buruk dan segera konfirmasi apabila ada yang mencurigakan dalam PSU nantinya,” kata Irjen Pol Drs Boy Rafli Amar, MH.

Dilanjutkan dengan pemaparan Ketua KPU Provinsi Papua yang mengatakan bahwa yang terjadi saat ini elit-elit politik mencoba mengganggu apa yang sudah direncanakan sehingga terjadi PSU. Untuk Tahapan dan persiapan KPU Provinsi Papua sudah siap.

“Kami sudah persiapan pencetakan surat suara untuk  Kabupaten Tolikara. Kami sangat meminta dukungan TNI dan Polri soal kambtibmas yang terjadi di beberapa Kabupaten yang menjadi sorotan publik supaya PSU bisa berjalan dengan lancar,” ujar Ketua KPU Provinsi Papua Adam Arisoi, SE.

Selanjutnya ketua Bawaslu Provinsi Papua menyampaikan, yang menjadi evalusi Banwaslu Provinsi adalah terkait Panwas kabupaten yang melaksanakan tugas dan kewenangan lain yang diberikan adalah menyelesaikan sengketa antar KPU dan Paslon, dimana untuk sengketa yang sudah diselesaikan sebanyak 17 sengketa.

“Dalam rangka tugas penindakan Panwas sudah menyelesaikan pelanggaran sebanyak 93 laporan. Sampai saat ini Kabupaten Jayapura belum mencairkan anggaran sisa dan sudah kami laporkan kepada Provinsi namun belum ada tindak lanjut,” tandas Ketua Bawaslu Provinsi Papua Fegie Yoanti Wattimena.

Terkait dengan PSU di 4 (empat) Kabupaten Bawaslu Provinsi siap melaksanakan perintah mahkamah, “siap tidak siap, suka tidak suka Bawaslu Provinsi Papua harus melaksanakan perintah Mahkamah Konstitusi, kami akan turun langsung mengawasi di 4 (empat) daerah tersebut karena semuanya telah diambil alih oleh Bawaslu Provinsi” ungkap Fegie.

Sementara itu Ketua FKUB Provinsi Papua dalam paparannya menyampaikan, pada penyelenggaraan Pemilukada awalnya semua berjalan baik tetapi ada intervensi dalam proses penghitungan yang menimbulkan masalah.

“Kami FKUB akan menjaga kerukunan umat beragama di Papua dan itu suah terbukti dimana tidak ada terjadi permasalahan agama di Papua. Kerukuan umat bergama nomor 1 dan kerukunan umat bergama berjalan dengan baik,” pungkas Ketua FKUB Provinsi Papua Pdt Lipiyus Biniluk.

Kegiatan diskusi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta diskusi publik dengan para narasumber.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabinda Papua, Wakapolda Papua, pejabat utama Polda Papua, Kapolres Jayapura Kota, Kapolres Jayapura, Forkopimda provinsi Papua, unsur pimpinan TNI, Ketua Komnas Ham provinsi Papua, Ketua KPU kabupaten Jayapura, ketua KPU Kota Jayapura, Ketua Panwaslu Kabupaten Jayapura, Ketua Panwaslu Kota Jayapura, Toga, Todat, Tomas, Tokoh Perempuan, pimpinan redaksi media cetak dan Online. (YRB)


author : Yonas Randan Buak    |   editor : 771 views
Share:

Leave a Reply