Press Release

Dua Paslon Pilgub Papua Lolos Tes Kesehatan

pexels-photo (9)

KPU Papua saat mengumumkan hasil tes kesehatan dua paslon Pilgub Papua KPU Papua, Kamis (18/1/2018)

Jayapura, Bawaslu  Papua- KPU Papua menyatakan dua pasangan bakal pasangan calon (Bapaslon) gubernur dan wakil gubernur lolos pada tahap tes kesehatan. Demikian disampaikan Komisioner KPU, Tarwinto kepada wartawan di ruang rapat KPU Papua, Kamis (18/1/2018).

Tarwinto mengatakan kedua pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur dinyatakan sehat jasmani dan rohani serta bebas dari narkoba.

“hasil pemeriksaan BNN untuk pasangan paslon gubenur dan wakil gubenur Papua tebukti negatif maupun sehat jasmani dan rohani,” kata Tarwinto.

Ketua KPU Papua, Adam Arisoy pada kesempatan itu mengatakan, kedua paslon memenuhi syarat sebagai calon peserta pada pilkada serentak gelombang ketiga pada 27 Juni 2018.

“Sesuai dengan hasil pemeriksaan dan penilaian tim dokter, dua paslon paslon pilgub Papua yakni Lukas Enembe-Klemen Tinal dan John Wempi Wetipo-Habel Suwae dinyatakan memenuhi syarat calon sehat jasmani, rohani, dan bebas dari narkoba,” kata Adam.

Ia tekankan, hasil tes kesehatan yang diterima KPU masih dalam keadaan disegel, sehingga apa yang diumumkan secara terbuka merupakan hasil dari BNN, RSUD Jayapura, dan Hipunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

"Hasil pemeriksaan ini menjadi bagian dalam syarat bakal calon gubernur dan wakil gubernur provinsi Papua," ucapnya.

Arisoy mengatakan hasil tes kesehatan kedua pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur harus dipublikasikan secara terbuka, agar hasilnya bisa diketahui masyarakat.

"Dari kesimpulan yang diperoleh KPU, kedua pasangan bakal calon telah memenuhi syarat," kata Arisoy.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Papua Anugrah Pata mengatakan sesuai dengan hasil pemeriksaan kesehatan dari BNN, RSUD dan Himpsi, pihaknya sudah melakukan pengawasan melekat.

"Ini kami lakukan agar kami tidak ingin terjadi sesuatu, artinya dalam pemeriksaan kesehatan Bawaslu berharap betul-betul dilakukan sesuai dengan SOP yang berlaku di BNN, RSUD, dan Himpsi," kata Pata.

Menurut ia, pada saat pemeriksaan BNN, Bawaslu telah melakukan pengawasan begitu juga saat pemeriksaan kesehatan di RSUD Jayapura.

"Jadi kami telah memastikan semua proses tes kesehatan itu sesuai dengan SOP, dan hasilnya sudah disampaikan KPU. Hasil tes kesehatan juga merupakan bagian dari syarat bakal calon," ucapnya.

 


author : Yonas Randan Buak    |   editor : 81 views
Share:

Leave a Reply