Pengawasan

Bawaslu Papua Turunkan APK Jelang Pungut Hitung

pexels-photo (9)

Suasana Penurunan APK oleh Tim Patroli Bawaslu Provinsi Papua, Senin, (25/6/2018)

Jayapura, Bawaslu Papua - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua  mulai menurunkan alat peraga kampanye (APK) di Papua  jelang pencoblosan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur (pilgub) Papua  pada Rabu (27/6).

 Anggota Bawaslu Papua, Anugrah Pata mengatakan, penurunan dan pembersihan APK Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua mulai dilakukan pada  Hari Ini, Senin (25/6/2018).

 "Kita sedang masif membersihkan alat peraga kampanye (APK), dengan melakukan Patroli pengawasan Ibu Kota Provinsi Papua" ujar Anugrah

Penurunan APK ini dilakukan secara serentak di 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua oleh Panwaslu, Penurunan APK ditargetkan rampung pada H-1 sebelum pencoblosan.

"Sesuai dengan aturan, semestinya paling lambat H-1 sudah bebas dan bersih di lapangan, makanya sejak Pagi tadi, petugas di lapangan sudah bergerilya untuk pembersihan dan menurunkan APK," lanjutnya.

Penurunan dan pembersihan APK merupakan bentuk antisipasi dari penyelenggara pemilu. Dalam ketentuan, kata dia, begitu APK diserahkan kepada tim pasangan calon, maka tanggung jawab, mulai pemeliharaan hingga penurunan APK menjadi tanggung jawab dan kewajiban masing-masing tim pasangan calon.

"Untuk mengantisipasi itu ya tentu kita juga proaktif melakukan pembersihan secara mandiri dan bekerja sama dengan kepolisian dan Satpol PP," Ungkap Anugrah 

Hasil penertiban sementara, kata Anugrah, ada ratusan alat peraga kampanye seperti baliho, spanduk, umbul-umbul termasuk stiker dengan berbagai ukuran. (YRB)

 


author : Yonas Randan Bua'    |   editor : 68 views
Share:

Leave a Reply