Press Release

BAWASLU PAPUA LANTIK 33 ANGGOTA PANWAS KABUPATEN/KOTA

pexels-photo (9)

Suasana Pelantikan Panwas Pilkada di Hotel Sahid Jayapura

Jayapura, Bawaslu Papua -  Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Papua melantik Anggota Panwas Pilkada Kabupaten/Kota dari 11 Kabupaten/Kota yang akan menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2017, bertempat di Hotel Sahid Jayapura Kamis (30/6). Panwas Kabupaten/Kota dilantik oleh Ketua Bawaslu Papua Pdt. Robert Y. Horik, MA dengan disaksikan oleh para saksi. Pelantikan Panwas Kabupaten/kota tersebut disaksikan Sekda Papua Hery Dosinaen mewakili Gubernur Papua, Pangdam XVII Cenderawasih yang diwakili oleh Mayor Infantri Y. Budi, Kombes Pol. Hariyanto mewakili Kapolda Papua, KPU Provinsi Papua, Kajati Papua, Ketua DPRD Kota Jayapura, dan KPU Kota Jayapura. 

Ketua Bawaslu Papua dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Panwas Kabupaten/Kota seraya berpesan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik, mampu menjalankan tugas pengawasan sesuai amanah Undang-Undang. “Modal utama seorang pengawas pemilihan harus mempunyai integritas, independensi, dan  imparsialitas serta menjunjung tinggi soliditas”. Tegas Robert Horik.

Proses rekruitmen telah dilalui oleh Panwas Kabupaten/Kota terpilih dimulai dari tahap seleksi oleh Tim Seleksi yang independen dengan serangkaian tahapan antara lain seleksi administrasi, ujian tertulis, wawancara hingga Fit and Proper test. Ucapan terimakasih disampaikan kepada Tim Seleksi Panwas Kabupaten/Kota yang berasal dari unsur akademisi, Tokoh Masyarakat dan Tokoh agama. telah melahirkan Panwas Kabupaten/Kota di 11 Kabupaten/Kota di Papua untuk mengawasi penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2017, Tambahnya.

Usai acara pelantikan dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis untuk meningkatkan kapasitas Panwas Kabupaten/Kota.dimana, Bimbingan Teknis tersebut dari Pimpinan Bawaslu Provinsi Papua, Kepala Sekretariat dan menghadirkan narasumber KPU Provinsi Papua.

 Antusias

Pelantikan anggota Panwas Kabupaten/Kota merupakan hal yang sudah ditunggu-tunggu oleh Calon Panwas Kabupaten/Kota terpilih. Dengan diterbitkanya Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2016 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota maka seluruh tahapan Pemilihan harus segera diawasi oleh Pengawas Pemilihan. Dengan demikian Bawaslu Papua berkewajiban segera melantik calon anggota Panwas Kabupaten/Kota terpilih. Pelantikan berlangsung hikmat dan ditanggapi secara antusias oleh peserta pelantikan terbukti ada anggota Panwas Kabupaten/Kota yang membawa serta keluarganya untuk menyaksikan proses pelantikan Panwas Kabupaten/Kota. pelaksanaan Pelantikan anggota Panwas Kabupaten/Kota berlangsung hikmat berjalan dengan lancar dan sukses, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya Jajaran Sekretariat Bawaslu Papua yang telah menfasilitasi acara pelantikan ini”. Imbuh Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Papua, Robert Horik. (YRB)

 


author : Yonas Randan Buak    |   editor : 2266 views
Share:

Leave a Reply