Press Release

BAWASLU PAPUA GELAR RAKERNIS PUNGUT HITUNG

pexels-photo (9)

Ketua Bawaslu Papua Fegie Y. Wattimena saat menyampaiakn sambutannya, Senin, (4/6/2018)

Jayapura, Bawaslu Papua -  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Papua menggelar Rapat Kerja Teknis Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati bagi Panwas 29 Kabupaten/kota, di Fave Hotel Jayapura, senin (4/6).

Ketua Bawaslu Papua Fegie Y. Wattimena dalam sambutannya mengatakan bahwa Rakernis ini bertujuan untuk menyeragamkan pemahaman tentang tata cara pengawasan pada saat pungut hitung serta rekapitulasi suara di kabupaten masing-masing.

Lanjut Fegie, Rakernis ini sebagai pondasi bagi pengawas  Pemilu dalam melaksanakan pengawasan pungut hitung serta rekapitulasi suara disetiap tingkatan, oleh karena itu ikuti kegiatan ini sampai selesai,  setelah rakernis ini bapak/ibu panwas bisa kembali ke kabupaten/kota masing-masing untuk melaksanakan kegiatan yang serupa.

Pada kesempatan yang sama Anggota Bawaslu Papua Anugrah Pata, mengatakan bahwa melalui pelaksanaan rakernis ini, pengawas pemilu mulai TPS hingga kabupaten/kota memiliki langkah antisipatif apabila menemui kendala pada hari pencoblosan hingga berpengaruh pada proses rekapitulasi yang dilakukan secara berjenjang.

Selain itu panwas kabupaten/kota dan jajarannya diharapkan bisa membaca dan mempelajari PKPU Nomor 8 dan Nomor 9 tahun 2018 serta Perbawaslu nomor 13 tahun 2018 sebagai patokan dan dasar pengawasan dari semua kebijakan terkait pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara. “Jika semua hal dikerjakan sudah berdasar pada aturan maka kesalahan dan celah untuk disalahkan bisa diminimalisir,” tambah Anugrah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Plt Kasek, KPA dan PPK serta kasubag dan Tim Asistensi di lingkungan Bawaslu Provinsi Papua.(YRB)


author : Yonas Randan Bua'    |   editor : 132 views
Share:

Leave a Reply