Press Release

Bawaslu Papua Dengarkan Keterangan Saksi Sengketa HAM

pexels-photo (9)

Ketua Bawaslu Provinsi Papua, Fegie Y. Wattimena, Rabu (23/5).

Jayapura, Bawaslu Papua -  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Papua yang mengambil alih tugas dan wewenang Panwaslu Mimika, akan mendengarkan keterangan saksi terkait sidang lanjutan sengketa Pilkada pasangan calon Hans Magal-Abdul Muis (HAM).

"Besok, Kamis (24/5) kami akan melanjutkan sidang sengketa Pilkada Paslon HAM. Dimana ini sudah sidang yang ketiga dengan agenda mendengarkan keterangan para saksi dan pembuktian," kata Ketua Bawaslu Papua, Fegie Watimena, Rabu (23/5).

Sidang sengketa Pilkada ini sebagai tindak lanjut dari pengajuan Paslon HAM ke Panwaslu Mimika dengan nomor register 05/PS/33.10/2018. 

Dijelaskan Fegie, pada sidang pertama Bawaslu mendengarkan keterangan pemohon. Dimana, pasangan HAM mempertanyakan keputusan KPU Papua dengan menyatakan pasangan HAM tidak memenuhi syarat atau TMS setelah mengambil alih tugas KPUD Mimika . 

Sedangkan dari keterangan termohon, yakni KPU Papua menyatakan bahwa pihaknya hanya melaksanakan keputusan dari Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) yang memutuskan untuk mengambil alih tugas sementara KPUD Mimika. 

"Intinya Paslon HAM merasa keberatan terhadap keputusan KPU yang mendiskualifikasi atau menyatakan pasangan tersebut TMS," ujarnya.

Terkait sidang lanjutan sengketa tersebut menurut Fegie, pihaknya akan mendengarkan keterangan saksi dan pemeriksaan barang bukti. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan melakukan musyawarah untuk disepakati.

"Setelah selesai pemeriksaan para saksi baru kita musyawarah apakah mencapai musyawarah atau tidak. Kalau tidak sepakat ya mereka maunya seperti apa, karena kalau sengketa ini kan sifatnya masyawarah," ungkapnya. 


author : Yonas Randan Bua'    |   editor : 73 views
Share:

Leave a Reply