Pengawasan

24 Panwascam di Mamberamo Raya Siap Kawal Pilkada Serentak 2018

pexels-photo (9)

Suasana Pelantikan Panwas Kecamatan Kabupaten Mamberamo Raya.

Jayapura, Papua - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Mamberamo Raya melantik 24 anggota Panwas Kecamatan/Distrik  (Panwascam) yang akan mengawal Pilkada Papua 2018 di Kabupaten Mamberamo Raya  hingga Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. 

Ketua Panwaslu Kabupaten Mamberamo Raya  Cornelia H. Mamoribo  mengatakan pihaknya sudah melakukan proses seleksi Panwas Kecamatan sejak pertengahan November 2017 lalu. Hasilnya dari 74 pendaftar 24 orang terpilih untuk ditempatkan di 8 kecamatan Kabupaten Mamberamo Raya. 

"Proses yang panjang itu adalah sebuah proses untuk membangun kepercayaan publik dalam rangka transparansi," ujar Cornelia saat memberi sambutan dalam acara pelantikan Panwas Kecamatan/Distrik di Aula Distrik Mamberamo Tengah di Kasonaweja, Kabupaten Mamberamo Raya, Kamis (30/11/2017). 

hari ini saudara-saudari telah dicatat dalam lembaran agenda Negara Republik Indonesia dan saya percaya bahwa saudara-saudari akan melaksanakan tugas, tanggung jawab serta  wewenang ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Nantinya, para anggota Panwas Distrik yang sudah dilantik akan menjadi perpanjangan tangan Panwaslu untuk mengkonsolidasikan wewenang dan tugasnya. Terlebih saat ini tugas Panwaslu tidak sebatas pemantau namun bisa melakukan tindakan dalam pelanggaran dan pengambil keputusan sengketa pemilu, tambahnya

Sementara itu Bupati Mamberamo Raya yang diwakilih oleh Mesak Bilasi Kepala  Distrik Mamberamo tengah dalam sambutannya menegaskan agar Panwas Distrik/Kecamatan yang baru saja dilantik dapat bekerja  baik sesuai dengan yang diamananatkan undang-undang  dan tidak memihak kepada pihak manapun.

Hadir dalam pelantikan tersebut Pemerintah daerah yang diwakilih oleh Kepala distrik Maberamo tengah, anggota KPU kabupaten Mamberamo Raya, Danton Brimob, Perwira penghubung 1712 sarmi dan Kapolsek Mamberamo Tengah .

Pelantikan selesai pada pukul 10.55 WIT kemudian dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis kepada Panwas Kecamatan/Distrik yang baru saja dilantik. (YRB)


author : Yonas Randan Buak    |   editor : 121 views
Share:

Leave a Reply